Mengenal Lensa Progresif Kaca Mata Dan Keunggulannya

merchantProfileBanner

Bagi yang memiliki gangguan atau masalah penglihatan, maka harus memakai kaca mata. Selain kaca mata, memang lensa kontak atau softlens merupakan alternatif lainnya. Tetapi pengguna kacamata tetap banyak sekarang ini. Kaca mata memiliki salah satu komponen utama yaitu lensa. Sementara jenis lensa untuk kacamata sendiri bisa sangat beragam. Salah satunya ialah lensa progresif yang merupakan revolusi bagi yang menderita Presbiopia. Penggunaan lensa progresif optik melawai bisa membantu orang yang sulit melihat objek bacaan jarak dekat yang bisa diakibatkan degradasi daya lensa mata. Adanya kondisi seperti ini bisa terjadi karena dari pembatas lensa dalam melihat jauh. Beda kalau dengan batas garisnya antara lensa yang berfungsi untuk membaca dan melihat dengan jauh.

Lensa Progresif Dengan Kelebihan Dari Segi Tampilan

Lensa Progresif ini memiliki kelebihan jika dilihat segi model yang bervariasi serta fashionable. Bagi yang ingin tampil trendy, maka bisa coba lensa progresif. Kalau tidak ingin terlihat kaku dan tidak ingin seperti memakai kaca mata untuk orang tua, maka bisa memakai lensa progresif. Selain itu jenis lensa progresif ini sangat nyaman digunakan karena aspek perpindahan penglihatan dekat dan jauh terasa semakin nyaman. Ada lagi keunggulan tipe lensa progresif ini karena bisa menghilangkan masalah loncatan bayangan. Masalah seperti ini yang biasa terjadi saat memakai lensa bifocal. Hal tersebut biasa mempengaruhi kenyamanan dan penglihatan.

Pemakaian Lensa Progresif Yang Membutuhkan Adaptasi

Tetapi dari berbagai kelebihan lensa progresif di atas, agar mencapai kenyamanan menggunakan lensa ini, dibutuhkan adaptasi juga oleh mata penggunanya. Hal seperti ini disebabkan kepraktisan lensa progresif yang membuat para pengguna mempunyai keterbatasan luas pandangan. Dikarenakan dalam satu buah lensa bisa terbagi menjadi beberapa fokus. Hal tersebut berbeda dengan tipe lensa yang single vision. Masalah daerah distorsi dan keburaman juga yang terdapat pada lensa progresif. Sehingga menjadi kekurangan lain, kekurangan ini bisa membuat para pengguna mempunyai keterbatasan ketika melihat ke kiri atau pun kanan.

Cara Memakai Lensa Progresif Dengan Tepat

Kita tentu harus tahu juga cara memakai lensa progresif tersebut. Penggunaan jenis lensa progresif dengan tepat yaitu dengan cara menggerakan kepala kita bukan menggerakkan bola mata kita. Selain itu, penggunaan tipe lensa progresif juga dianjurkan tiap hari untuk awal penggunaan. Jadi pakai 1×24 jam, hingga dua minggu agar nantinya mata bisa dapat beradaptasi dengan baik. Latihlah diri dengan memakai lensa progresif ini saat melakukan berbagai pekerjaan atau kegiatan sehari hari. Saat mengemudi, maka sebaiknya satu hingga dua hari seusai memakai lensa yang baru. Sedangkan pemilihan frame harus disesuaikan dengan bentuk wajah.

Hal satu ini sangat penting agar bisa membuat kita nyaman pada saat mengenakan kacamata dengan lensa progresif tersebut tentunya percuma kita memakai lensa kacamata tetapi bentuk frame atau bingkau tidak sesuai dengan kontur wajah. Misalnya kacamata bisa menjadi melorot atau bisa juga membuat nyeri di bagian tertentu. Untuk kisaran harga lensa jenis progresif di beberapa toko kaca mata memang cukup bervariasi. Kisaran harganya antara 900 ribut hingga jutaan, karena sangat tergantung merk. Selain itu, kamu bisa langsung juga membeli kacamata dengan lensa progresif lewat toko dengan bentuk paket lensa plus frame. Tentunya sama saja dengan kisaran harga bervariasi. Demikian saja informasi kali ini dan semoga bisa bermanfaat.

Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *