6 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Mandi Junub

Niat, Doa, dan Tata Cara Mandi Wajib untuk Perempuan Seusai Haid

Dalam melakukan niat mandi junub terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Hal hal tersebut dapat memberikan kesempurnaan pada mandi wajib yang akan dilakukan. Karena melakukan mandi wajib ini tidak dapat dilakukan seperti halnya mandi biasa pada umumnya. Berikut merupakan 6 hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mandi junub.

  1. Memastikan Niat Mandi Junub

Ketika akan melakukan mandi junub sangat penting dilakukan untuk mengetahui niat mandi junub. Karena dengan adanya niat akan memberikan kesempurnaan dalam melakukan mandi junub. Dengan adanya niat tersebutlah yang dapat membedakan antara mandi junub dengan mandi biasa pada umumnya.

  1. Penyebab Mandi Junub

Sebelum melakukan mandi junub perlu untuk mengetahui penyebab apa yang mengharuskan Anda untuk melakukan mandi junub. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan keharusan untuk melakukan mandi junub ini. Salah satunya yaitu pada saat mengeluarkan air mani baik setelah melakukan hubungan intim atau bahkan setelah laki-laki mengalami mimpi basah.

Penyebab lain yaitu ketika setelah keluarnya darah haid atau nifas. Hal ini pasti terjadi pada setiap wanita. Sebagai wanita Muslimah diwajibkan untuk melakukan mandi junub setelah keluarnya darah haid atau setelah melahirkan.

Selain itu kematian seorang umat Islam selain diakibatkan oleh mati syahid perlu untuk dimandikan seperti mandi junub. Setelah dimandikan seperti mandi junub maka barulah dikenakan kain kafan untuk menutup seluruh auratnya.

  1. Jenis Air yang Akan Digunakan

Hal lain yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan mandi junub yaitu dengan mengetahui jenis air yang akan digunakan. Karena tidak semua jenis air dapat digunakan untuk melakukan kesucian pada tubuh.

Namun, pada dasarnya menemukan air yang dapat dilakukan untuk bisa digunakan mandi junub tentu saja bukanlah sesuatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Salah satu jenis air yang dapat digunakan untuk bersuci dengan melalui mandi junub yaitu dengan air mutlak. Contoh dari air mutlak ini yaitu ada pada air hujan, air sungai atau bahkan air laut.

  1. Langkah-langkah Mandi Junub

Hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan ketika sebelum melakukan mandi junub yaitu dengan mengetahui langkah-langkah dalam melakukan mandi junub.

Selain itu dengan mengetahui berbagai adab ketika melakukan mandi junub juga penting untuk Anda perhatikan. Langkah-langkah dalam mandi junub yaitu dengan dimulai dari niat mandi junub, membilas tangan sebanyak tiga kali, hingga membasuh seluruh tubuh.

  1. Hal-Hal yang Perlu untuk Dihindari

Hal lain yang dapat dilakukan sebelum melakukan mandi junub yaitu dengan mengetahui hal-hal yang perlu untuk dihindari ketika melakukan mandi junub. Hal-hal tersebut seperti dengan memastikan bahwa seluruh anggota tubuh telah dibersihkan seluruhnya. Hal tersebut menjadikan sebagai salah satu syarat sah dalam melakukan mandi junub.

  1. Waktu yang Tepat

Memperhatikan waktu yang tepat saat mandi junub juga perlu untuk diperhatikan. Ketika selesai melakukan hubungan intim atau penyebab hadas besar yang lain alangkah baiknya jika langsung melaksanakan mandi junub.

Namun juga terdapat keluasan waktu dalam melakukan mandi junub. Dengan syarat tidak menyebabkan maksiat seperti halnya meninggalkan kewajiban-kewajiban yang lain. Kewajiban tersebut diantaranya seperti shalat fardhu atau puasa pada saat bulan suci Ramadhan.

Itulah beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dan wajib untuk dilakukan sebelum melakukan niat mandi junub. Dengan memperhatikan berbagai hal yang dilakukan sebelum mandi junub dapat memberikan hasil yang sempurna dalam mensucikan tubuh.

Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *