Tanpa Obat, Berikut 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Image
source gambar : realfood.co.id

Bekas luka di wajah sering membuat Anda tidak percaya diri? Tidak perlu khawatir karena masalah tersebut dapat terselesaikan secara alami, tanpa alat atau obat-obatan tertentu. Penasaran? Ikuti beberapa trik berikut ini.

  1. Menggunakan Jeruk Nipis

Selain berguna untuk menyedapkan makanan, jeruk nipis dapat menjadi solusi terbaik untuk Anda yang memiliki masalah terhadap bekas luka. Khasiat tersebut dapat terjadi karena adanya kandungan AHA atau Alpha Hydroxy Acids yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi, dan mempertahankan elastisitas.

Saat Anda menggunakannya, kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Dengan begitu, Anda tidak boleh lupa untuk membawa tabir surya ketika berpergian.

  1. Madu

Asupan nutrisi yang manis dan menyenangkan ini memang bermanfaat untuk banyak hal, salah satunya penghilang bekas luka. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat membantu proses regenerasi pada kulit, tepatnya untuk sel-selnya.

Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, cukup dengan mencampurkan madu dan baking soda yang dimanfaatkan sebagai scrub untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Bawang Merah

Sejak dahulu, bawang-bawangan memang dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, selain berguna untuk menyedapkan masakan. Sifat anti inflamasi yang dimiliki bermanfaat untuk menghambat kolagen dan bekas luka supaya terlihat lebih samar.

Namun, ada baiknya jika Anda melakukan konsultasi terhadap dokter untuk penggunaannya. Ada beberapa orang yang sensitif atau gatal-gatal karena menggunakan bahan tersebut.

  1. Timun

Timun adalah bahan makanan yang segar dan umumnya ditempelkan pada mata untuk menyembuhkan area kulit yang menghitam. Timun juga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit Anda, seperti lemon dan jeruk yang memiliki sifat serupa.

Jadi, Anda yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan timun sebagai solusi terbaik, anti berisiko dan menyakiti. Selain memakainya untuk menghilangkan bekas luka di wajah, Anda dapat memanfaatkannya sekaligus untuk mencerahkan dan mengenyalkan kulit.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang sama dengan bawang merah, yakni anti-inflamasi dapat membantu mengurangi iritasi pada kulit. Selain itu, sel-sel kulit mati yang terdapat pada bekas lupa dapat terangkat.

Namun, tidak hanya sampai disitu saja karena obat herbal tersebut dapat membantu memperbaiki kerusakan, mengurangi pembengkakan, dan meregenerasi kulit. Jika ingin memperoleh hasil yang optimal dan maksimal, gunakan di pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari untuk menjadikannya sleep mask.

  1. Minyak Zaitun

Minyak yang populer karena mengandung vitamin K dan E ini sangatlah bermanfaat baik untuk kesehatan kulit. Namun, tidak hanya vitamin saja karena antioksidan dan asam yang tinggi efektif untuk menghilangkan bekas luka di wajah.

Campurkan minyak tersebut dengan baking soda, lalu gosokkan perlahan pada area kulit yang memiliki bekas luka. Lakukan secara rutin supaya bekas luka Anda bisa sembuh secepatnya.

  1. Teh Hijau

Teh hijau adalah tumbuhan herbal yang sangat populer, apalagi aromanya sangat disukai oleh banyak orang. Mengapa dikatakan dapat menghilangkan bekas luka? Kandungan EGCG atau Epigallocatechin Gallate, sebutan mudahnya katekin yang berperan penting.

Kandungan yang bersifat antibakteri dan antiinflamasi juga dapat membantu untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Anda dapat mengkonsumsi teh hijau setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka di wajah yang dapat Anda coba. Tidak perlu ragu selama belum mencoba dan ikuti ketentuan yang ada jika menginginkan hasil optimal.

Author: penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *